DERMAJI.DESA.ID – Lebih dari seribu batang pohon ditanam di sekitar lokasi sumber air yang ada di wilayah hutan Desa Dermaji, Minggu (10/2/2019). Penanaman dilakukan oleh pengurus dan anggota kelompok kerja (Pokja) LMDH Wana Aji, Perangkat Desa, serta Pengurus Badan Pengelola Sarana Pengelola Air Minum dan Sanitasi (BP SPAMS) Tirta Aji Mandiri.

Jenis pohon yang ditanam meliputi bambu, puspa, aren, wungu, embulu, dan kemiri. Pohon-pohon tersebut dianggap cukup baik dalam menyimpan air.

Ketua LMDH Wana Aji, Haryoto, yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon di sekitar sumber mata air dilakukan sebagai bagian dari upaya penyelamatan mata air.

“Gerakan penanaman pohon ini adalah bagian dari upaya kami dalam penyelamatan mata air. Harapannya di masa-masa mendatang warga masyarakat Dermaji tidak mengalami kekurangan air bersih”, jelas Haryoto.

Kegiatan penanaman pohon secara serentak bisa dilakukan karena adanya kerjasama antara LMDH Wana Aji, Pemdes Dermaji, BP SPAMS Tirta Aji Mandiri serta Perum Perhutani. Hadir juga pada kegiatan tersebut Kepala RPH Karangpucung dan Lumbir, Sukirto dan Totok Sugiarto.

0 Shares