LMDHKamis 1 Desember 2016 adalah Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Desa Parungkamal Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas menjadi lokasi HMPI Tingkat Propinsi Jawa Tengah. Desa yang berbatasan dengan Kecamatan Wangon itu dianggap strategis dan mudah dijangkau oleh peserta dari lain daerah.

Acara yang sedianya akan dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akhirnya dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Soedjatmoko karena Gubernur Jawa Tengah berhalangan hadir. Selain itu, Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein dan Bupati Banjarnegara beserta Pejabat-pejabat lain dari Kabupaten Banyumas juga turut hadir ke lokasi HMPI.

Anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) “Wana Aji” mengikutkan 12 anggotanya pada acara tersebut, ditambah dengan Perangkat Desa Dermaji. Dengan menggunakan sepeda motor, rombongan dari Desa Dermaji berangkat jam 06.15 setelah sebelumnya berkumpul di Balai Desa Dermaji.

Sesuai himbauan dari Pemerintah Kecamatan agar peserta membawa alat pertanian, rombongan dari Dermaji juga membawa aneka perkakas pertanian sebagai alat tanam diantaranya cangkul, pisau dan congkrang. Pohon yang ditanam diantaranya albasia, akasia, durian, duku dan lain-lain.

Bibit pohon yang masih tersisa diberikan kepada masing-masing desa/LMDH dan KTH. LMDH “Wana Aji” Desa Dermaji berkesempatan membawa 1.500 bibit pohon albasia dan akasia. Bibit pohon tersebut sebagian akan ditanam di Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) di beberapa sumber mata air. Selebihnya diberikan kepada anggota LMDH. (Pri Fauzi)