KPMD sewilayah kecamatan Lumbir sedang mengikuti pembinaan dari Camat


DERMAJI.DESA.ID – Sebanyak empat orang Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa Dermaji (KPMD Dermaji), Selasa (13/9/2016), mengikuti pembinaan dari Camat Lumbir, Budi Nugroho. Keempat orang KPMD tersebut yaitu, Haryono, Galih Widhi Pamuji, Wahyu Cahyoko, dan Asmiyati. Sebetulnya masih ada satu KPMD lagi, yaitu Herlina Puji Prasetya, namun yang bersangkutan tidak bisa mengikuti kegiatan karena ada acara di Jakarta.

Pembinaan dilakukan di Pendopo Kecamatan Lumbir mulai pukul 09.00 WIB. Lebih dari 40 KPMD yang berasal dari sepuluh desa di wilayah Kecamatan Lumbir hadir.

Dalam pembinaannya, Camat Lumbir menyampaikan pentingnya posisi KPMD dalam pembangunan desa. 

Budi Nugroho mengatakan, “KPMD harus menjadi agen perubahan dan mampu berperan aktif dalam masyarakat, mendampingi pemerintah Desa dalam setiap program pembangunan dan semua tupoksi yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat desa”.

Berkaitan dengan acara pembinaan KPMD tersebut Bayu Setyo Nugroho, Kepala Desa Dermaji, sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh pihak kecamatan itu. Bayu juga menegaskan pembinaan KPMD oleh Camat sangat perlu dilakukan agar KPMD dapat terus meningkatkan kapasitasnya, sehingga mampu mengorganisir masyarakat dan memberdayakan masyarakat secara efektif.

Bayu melanjutkan, untuk Desa Dermaji sendiri, dalam rangka meningkatkan kapasitas KPMD, sudah beberapa kali dilakukan kegiatan pelatihan, terutama terkait dengan tata kelola pembangunan desa.

0 Shares