Kades Dermaji mewakili peserta memberikan sambutan pesan dan kesan pelatihan

Kades Dermaji mewakili peserta memberikan sambutan pesan dan kesan pelatihan

Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho, selama tiga hari mulai 27-29 Maret 2014 mengikuti Pelatihan Pengelolaan Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek). Pelatihan diselenggarakan oleh Bapermades Provinsi Jawa Tengah dan diikuti oleh 47 orang peserta yang berasal dari 35 Kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Pelatihannya sendiri dilaksanakan di Hotel Siliwangi Semarang.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelatihan, Purwandio menyampaikan bahwa yang menjadi dasar penyelenggaraan pelatihan adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 Tahun 2010 tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Teknologi Tepat Guna serta Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 28 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Teknologi Tepat Guna. Adapun tujuan pelatihannya adalah untuk mendorong optimalisasi peran dan fungsi Posyantek.

Posyantek sangat diperlukan dalam rangka mempercepat pembangunan masyarakat perdesaan melalui pemanfaatan dan pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG). Posyantek berkedudukan di kecamatan dan mempunyai beberapa fungsi, yaitu, pertama, Sebagai pusat pelayanan teknis, pemberian informasi dan promosi jenis/spesifikasi TTG yang dibutuhkan masyarakat.

Kedua, memberikan layanan konsultasi dan pendampingan kepada masyarakat dalam merancang, menggunakan, memelihara, memperbaiki dan mengembangkan TTG yang digunakan oleh masyarakat.

Ketiga, fasilitator implementasi TTG yang dibutuhkan masyarakat, seperti penyuluhan dan pelatihan. Dan keempat, dapat menjalin kerjasama dengan penghasil TTG, sehingga dapat menjamin terwujudnya alur transfer TTG.

%d blogger menyukai ini: