DERMAJI.DESA.ID – Musim kemarau tahun ini, warga Desa Dermaji sangat merasakan adanya kekurangan air bersih. Kekurangan air bersih terutama terjadi dalam dua bulan terakhir.

Beberapa sumber air yang ada, yang biasa diambil warga, debit airnya mengalami penurunan secara drastis.

Penurunan debit termasuk terjadi pada sumber air yang selama ini digunakan oleh warga dengan menggunakan sistem jaringan perpipaan yang dikelola oleh Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum Masyarakat dan Sanitasi (BPSPAMS) Tirta Aji Mandiri Desa Dermaji, yakni di kedoya, parekumbang, dan pemonton.

Beberapa langkah sudah ditempuh oleh BPSPAMS Tirta Aji Mandiri agar ketersediaan air bersih untuk warga tetap terjaga.

Di sumber sumur bor dalam di wilayah kedoya, yang menjadi sumber suplai air bersih bagi warga di wilayah RW 1, BPSPAMS Tirta Aji Mandiri sudah melakukan pembersihan pompa submersible agar proses pemompaan berjalan lancar.

Namun setelah dibersihkan ternyata air dari sumur tersebut belum juga bisa memenuhi kebutuhan untuk warga. Sehingga pengurus BPSPAMS mengambil langkah mensuplai air bersih secara bergiliran.

BPSPAMS selanjutnya juga akan berusaha mencari sumber air baru untuk memenuhi kebutuhan air bagi warga di wilayah RW 1.

Sementara di bak air bersih yang ada di Karangbenda yang menampung air dari sumber parekumbang dan pemonton, BPSPAMS telah berusaha mengambil air dari sungai yang ada di sekitar bak dengan cara dipompa dengan menggunakan jetpam. Ini dilakukan untuk menambah suplai air ke bak penampung.

Namun hal tersebut ternyata juga belum bisa memenuhi kebutuhan air bersih untuk warga, khususnya yang berada di wilayah RW 3.

Dengan kondisi tersebut, BPSPAMS mengambil langkah lain dengan melakukan pengeboran di sekitar wilayah bak Karangbenda.

Pengeboran dilakukan selama kurang lebih 10 hari dan selesai pada Sabtu (22/9/2018). Setelah dilakukan pengeboran sekitar 30 meter, akhirnya didapat sumber air baru.

Ketua BPSPAMS, Risharyanto mengatakan dengan adanya sumber air baru hasil pengeboran, diharapkan kebutuhan air bersih untuk warga bisa segera terpenuhi.

0 Shares