Kambing1DERMAJI.DESA.ID – Senin (23/11/2015) adalah hari keberuntungan bagi kelompok ternak RT 03 RW 4 Desa Dermaji karena salah satu dari 2 ekor bibit ternak kambing yang mereka pelihara telah beranak. Bibit ternak tersebut merupakan bantuan dari Program PNPM Mandiri Perdesaan 2014. Total bibit yang diterima kelompok ternak RT 03 RW 4 sejumlah 2 ekor betina dan 1 ekor pejantan. Dari jumlah bantuan yang diterima itu telah menghasilkan 4 ekor anak dan salah satunya telah berusia dara yang sudah siap kawin.

Haryanto Panjul, salah seorang anggota kelompok mengatakan, anak kambing yang baru lahir itu harus dibersihkan biar sehat dan harus disusukan ke induknya karena belum bisa berdiri dan masih lemah. “Jika dipelihara dengan baik dan dirawat dengan baik, kambing-kambing tersebut bisa mendatangkan manfaat yang cukup menjanjikan bagi pemeliharanya. Apalagi jenis kambing yang dipelihara merupakan salah satu jenis kambing unggul, yaitu Peranakan Etawa (PE)”, jelas Haryanto.

Ternak kambing merupakan salah satu potensi unggulan Desa Dermaji. Lebih dari 80 persen rumah tangga di Desa Dermaji melakukan budidaya ternak kambing. Untuk saat ini jumlah populasi kambing yang ada di Desa Dermaji mencapai lebih dari 3.000 ekor.

(Haryono, KPMD)