Kades Dermaji saat di Bukittinggi Sumatera Barat

Kades Dermaji saat di Bukittinggi Sumatera Barat

Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho, mewakili Gerakan Desa Membangun (GDM), mulai tanggal 11 hingga 13 Desember 2013, mengikuti acara Focus Group Discussion (FGD) tentang penanggulangan kemiskinan di Bukittinggi, Sumatera Barat. Acara diselenggarakan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Republik Indonesia.

Peserta FGD sebagian besar berasal dari lembaga yang selama ini terlibat secara langsung menangani program-program penanggulangan kemiskinan, seperti TNP2K, KKP, PSF, Bappenas, PNPM Mandiri Perdesaan, P2KP, PMD, IPPMI, Cipta Karya, Kemenpera dan PRSF.

FGD dilakukan dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan yang selama ini dijalankan oleh pemerintah.  Untuk menggali data secara optimal, peserta dibagi ke dalam empat kelompok.  Keempat kelompok tersebut kemudian disebar ke Kota Bukittinggi dan KabupatenAgam.  Di kedua Kabupaten/Kota itu, selama dua hari, para peserta melakukan wawancara mendalam (FGD) dengan para pelaku program penanggulangan kemiskinan mulai dari tingkat Kabupaten/Kota sampai nagari (desa).

Hasil dari FGD itu adalah ditemukannya berbagai kelemahan atau kendala program penanggulangan kemiskinan yang telah dijalankan, terutama menyangkut dua fokus utama yaitu masalah kelembagaan dan pendampingan.  Dari temuan-temuan itu diharapkan bisa menghasilkan rekomendasi yang dapat digunakan untuk perbaikan program penanggulangan kemiskinan selanjutnya.

Hasil dari FGD ini, dihari ketiga akan dipaparkan langsung kepada Anggota DPR-RI dari Komisi II dan V yang hadir.  Paparan dilaksankan di Grand Rocky Hotel, Bukittinggi.  Setelah tanggapan dari Anggota DPR-RI, langsung dilanjutkan penyusunan resume dan laporan kegiatan FGD.