Kepala Desa Dermaji saat berbagi pengalaman pengelolaan website desa pada Pandi Meeting ke-7

DERMAJI.DESA.ID – Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah keniscayaan. Desa harus bisa memanfaatkannya untuk mendukung tata kelola sumberdaya desa, pelayanan publik dan peningkatan partisipasi.

Website desa sebagai salah satu bentuk TIK, di Desa Dermaji dikelola untuk membantu mempercepat pencapaian visi dan tujuan pembangunan desa.

Ada tiga tahapan pemanfaatan website desa, yaitu informatif, partisipatif, dan transformatif.

Website desa semestinya tidak hanya menjadi alat untuk menyampaikan informasi saja, tetapi bisa juga untuk meningkatkan partisipasi bahkan dapat mendorong upaya perubahan sosial yang diinginkan.

Demikian disampaikan oleh Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho, pada sesi workhsop yang merupakan salah satu rangkaian acara PANDI Meeting ke-7, di Hall Kota Kasablanka, Kuningan Jakarta.

Acara PANDI Meeting diselenggarakan oleh Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI), Kamis – Jumat (27-28/10) dan diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari berbagai stakeholder.

Ada perwakilan kementerian kominfo, kementerian desa, asosiasi pengelola jaringan internet, pemerintah kabupaten, dan berbagai komunitas internet Indonesia.

Bayu kemudian menceritakan pengalaman Desa Dermaji dalam mengelola website desa.