Puluhan ekor kambing PE asal Dermaji sedang dinaikkan ke truk untuk dijual ke Jakarta

Puluhan ekor kambing PE asal Dermaji sedang dinaikkan ke truk untuk dijual ke Jakarta

DERMAJI.DESA.ID – Idul adha sebentar lagi. Setiap menjelang idul adha salah satu aktifitas masyarakat Dermaji yang cukup mencolok adalah kesibukan petani ternak menjual kambing yang mereka budidayakan sebelumnya.

Lebih dari seribu ekor kambing jenis Peranakan Etawah (PE) terjual tiap tahunnya, menjelang idul adha. Penjualan dilakukan ke beberapa wilayah di luar Dermaji, termasuk yang terbesar ke ibukota Jakarta. Ke kota ini, paling sedikit ada 300 ekor kambing yang terjual. Pasar terbesar lainnya yaitu di pasar hewan Karangpucung Kabupaten Cilacap, yang jaraknya sekitar 6 kilometer dari Desa Dermaji.

Suhartoyo, salah satu pedagang kambing asal Dermaji yang setiap tahun mensuplai persediaan kambing ke Jakarta, mengatakan, untuk tahun ini dia mensuplai sekitar 200 ekor. Dia mengaku sudah bekerjasama dengan pedagang di Jakarta dalam proses penjualannya. Kerja sama sudah ia lakukan sejak 7 tahun yang lalu.

Sejauh ini tidak ada masalah soal pembayaran, katanya. Semua berjalan lancar. Meski dengan risiko beberapa ekor kambing biasanya mengalami sakit atau mati dalam perjalanan, sehingga tidak bisa dijual, tetapi Suhartoyo mengaku masih mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan.

Suhartoyo melanjutkan, harga satu ekor kambing berada di kisaran 2,5 hingga 4 juta rupiah.

Ternak kambing merupakan salah satu potensi unggulan Desa Dermaji. Di Dermaji, hampir semua Kepala Keluarga beternak kambing. Rata-rata mereka memelihara antara 2 hingga 5 ekor. Bahkan sekarang ini banyak yang memelihara lebih dari 20 ekor. Dan mereka adalah para petani muda yang penuh semangat.

%d blogger menyukai ini: