JLN KARANGJATI

Proses pembangunan jalan poros Desa Dermaji (Jalan Karangjambu – Karangjati) 

Desa Dermaji adalah sebuah desa di Kecamatan Lumbir yang memiliki luas wilayah 1.302 hektar, yang terbagi ke dalam dua wilayah dusun. Infrastruktur jalan menjadi salah satu program prioritas pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Dermaji.

Pada tahun 2016 ini, Jalan Karangjambu-Karangjati (Jalan Poros Desa Dermaji) menjadi salah satu ruas jalan yang dibangun dengan menggunakan sumber dana dari APB Desa 2016. Jumlah anggarannya sebesar Rp. 200.000.000,00 yang berasal dari Bantuan Keuangan Kabupaten Banyumas.

Terkait dengan kegiatan pembangunan jalan tersebut, Ketua TPK Dermaji, Harry Haryono Caryono mengatakan pada pertengahan bulan November ini, sudah mulai melakukan pengederopan material. Targetnya, di akhir Desember seluruh pelaksanaan pekerjaan sudah selesai, lanjut Harry.

Nasikin, Kasi Kesejahteraan Desa Dermaji yang juga Ketua Tim Pelaksana Kegiatan mengatakan bahwa Jalan Karangjambu – Karangjati akan dibangun dengan sistem rabat beton dengan target volume, panjang 402 meter dan lebar 3 meter. Selain pengerasan badan jalan, pekerjaan juga meliputi pembuatan talud di beberapa lokasi pada titik yang dianggap rawan dan mengancam keberadaan badan jalan.

Dengan ditingkatkannya kualitas jalan ini, diharapkan jalur transportasi ke arah RW 7 Karanggedang dan Desa Paningkaban akan lebih baik dan lancar tanpa melewati tanjakan pasirgunung. Kondisi jalan yang relatif lebih bagus nantinya juga bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian warga di wilayah Karangjati khususnya. (HY)

0 Shares