Kondisi empat rumah warga yang tertimpa tanah longsor

DERMAJI.DESA.ID – Hujan deras yang turun mengguyur Desa Dermaji sejak Senin siang (16/1/2017) mengakibatkan terjadinya tanah longsor di beberapa titik. Longsor terparah terjadi di Grumbul Citunggul dan menimpa 4 rumah warga. Warga yang rumahnya terkena longsor yaitu, Sarmo (46), Riswoyo (54), Kusnadi (70), Sukarjo (64). Keempat nya adalah warga RT 04 RW 5 Desa Dermaji.

Rumah milik Sarmo kondisinya cukup parah dan saat ini tidak bisa ditempati. Sementara Sarmo dan keluarga saat ini mengungsi ke rumah tetangga. Sedangkan tiga rumah lainnya, dapurnya jebol terkena longsoran. Tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut. Kerugian diperkirakan sekitar 100 juta rupiah.

Menurut Nyonya Kusnadi, longsor mulai terjadi pukul 19.00 WIB. Awalnya terdengar suara gemertak batu-batu kecil yang menghantam tembok dari arah belakang rumah. Lalu Kusnadi dan keluarga langsung begegas keluar rumah. Ternyata betul, tanah tebing di belakang rumah mulai bergerak. Gerakan tanah terjadi secara pelan dan berlangsung selama kurang lebih satu jam.

Dengan kejadian tersebut, pada pagi harinya, warga langsung bergotong royong untuk membersihkan longsoran dibantu tagana, anggota linmas, anggota koramil, anggota polsek, PMI, Pramuka Peduli, dan BPBD Kabupaten Banyumas.

Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho mengatakan, sudah beberapa hari ini memang curah hujan di Desa Dermaji cukup deras. Bayu menghimbau agar masyarakat waspada karena Dermaji memang menjadi daerah rawan bencana, terutama tanah longsor. Demikian juga dengan tim siaga bencana. Bayu mengharapkan agar tim siaga bencana lebih tanggap terhadap situasi alam yang terjadi akhir-akhir ini.

0 Shares