festival dermaji

Festival Dermaji yang berlangsung di Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir Sabtu-Minggu (20-21/8) menyedot perhatian masyarakat sekitar Lumbir maupun dari luar Kabupaten Banyumas.

Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho SSos MSi, mengatakan Festival Dermaji baru pertama kali digelar untuk memunculkan potensi-potensi alam, seni, budaya wisata, pendidikan, dan sumber daya manusia yang ada. Meski jauh dari pusat kota Purwokerto, gelaran Festival Dermaji menarik minat pengunjung dari berbagai daerah.

“Kami sediakan tempat penginapan gratis di rumah warga bagi pengunjung dari luar kota, seperti dari Ciamis, Majalengka, Cilacap, yang datang sejak Sabtu kemarin,” ujar Bayu, Minggu (21/8).

Satu di antara agenda acara yang menarik yakni Festival Kambing. Acara ini diikuti para peternak kambing se-Desa Dermaji. “Total ada 50 peserta, mereka bawa kambing Etawa atau kambing Jawa Randu jantan dan betina untuk dikonteskan,” katanya.

Bayu menjelaskan, sebagian besar penduduk Desa Dermaji punya ternak kambing sehingga Festival Kambing digelar satu paket dengan Festival Dermaji. Mayoritas penduduk Dermaji beternak kambing, bahkan ada yang satu KK punya 30 ekor kambing.

“Secara keseluruhan boleh dibilang jumlah kambing yang diternak hampir setengah jumlah penduduk kami, maka kami konteskan supaya mereka makin semangat pelihara kambing,” ujar Bayu.

Selain Festival Kambing, ada juga Festival Dongeng, dan Festival Tumpeng. Acara kemarin ditutup pentas tari massal Dermaji Gumergah oleh anak-anak sekolah. Bayu berjanji Festival Dermaji akan dijadikan agenda tahunan. (dil)

Sumber Berita: http://satelitnews.co/berita-festival-dermaji-dibanjiri-pengunjung-luar-daerah-.html#ixzz4I7QK5riX