IMG_20151118_101231DERMAJI.DESA.ID – Untuk mewujudkan masyarakat yang mampu berperilaku hidup bersih dan sehat, Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Aji Mandiri Desa Dermaji mengadakan pelatihan bagi kader kesehatan. Pelatihan diikuti oleh 20 kader kesehatan se wilayah Desa Dermaji. Pelatihan bagi kader kesehatan merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan dalam Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Kegiatan pelatihan di laksanakan di Balai Desa Dermaji, Jum’at (20 /11/ 2015).

Pelatihan kali ini mengedepankan dialog interaktif antara narasumber dengan peserta. Budi Riyanto dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas selaku narasumber bertanya tentang kabiasaan masyarakat setempat dalam membuang air besar. Budi Riyanto juga menekankan pentingnya pelaku PHBS di Desa Dermaji untuk memetakan keadaan kesehatan di wilayah masing-masing.

Selain dari Dinas Kesehatan, hadir juga Fasilitator STBM Kabupaten Banyumas, Saring Suwarto. Saring menjelaskan berbagai teori terkait dengan kesehatan dan sanitasi. Para peserta pada kesempatan itu juga diajak melakukan simulasi tentang kondisi lingkungan yang kotor penuh dengan tinja diberbagai tempat misal di sungai, kebun dan kolam. Dengan simulasi ini bisa diketahui cara penanganan dan penjelasan kepada warga akan bahayanya, bila kita tidak ber-Pola Hidup Bersih dan Sehat. Dalam simulasi menggunakan gambar juga bisa dijelaskan tentang bagaimana bakteri bisa sampai ke tubuh manusia.

Kader PHBS Desa Dermaji, Herlina Puji Prasetya menjelaskan tentang kondisi yang terjadi dilingkungan yang masyarakatnya biasa BAB di sembarang tempat. Herlina  juga mengajukan berbagai pertanyaan kepada narasumber tentang bagaimana cara merubah kebiasaan warga buang air besar secara sehat.

Akhirnya Kader PHBS bersama masyarakat yang belum memiliki jamban sepakat untuk membuat jadwal pembuatan jamban. Peserta menulis nama Kepala Keluarga dan tanggal rencana pembuatan jamban yang kemudian ditandatangani oleh perwakilan desa dan masyarakat.

(Waryati, Kader PHBS Sirongge).