Sabtu pagi (29/03/2014) pukul 09.00 WIB, sesuai dengan rencana, Petugas dari PMI Kabupaten Banyumas datang di Pendopo Balai Desa Dermaji untuk melaksanakan kegiatan donor darah rutin. Seperti kita ketahui bahwa kegiatan donor darah bisa dibilang merupakan kegiatan amal yang bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja terutama jika ada orang yang sangat memerlukan golongan darah yang sama dengan kita. Untuk itulah Pemerintah Desa Dermaji memfasilitasi tempat untuk pelaksanaa donor darah yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali.

Menurut petugas dari PMI Kabupaten Banyumas, hal yang perlu diperhatikan saat mendonor adalah kondisi kesehatan yang fit dengan minimal berat badan 45 kg, dan usia sekitar 17 tahun hingga 60 tahun. Sebelum kita memberikan donor darah, maka petugas medis akan mengecek terlebih dahulu apakah si pendonor layak untuk mendonorkan darahnya atau tidak. Melakukan kegiatan donor darah juga memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh manusia. Beberapa manfaat donor darah jika dilakukan secara rutin sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan jantung dari terjadinya penyumbatan pembuluh darah, Perlu di ketahui, zat besi yang terlalu banyak pada tubuh akan memicu terjadi oksidasi kolesterol sehingga berpotensi menyebabkan serangan jantung serta stroke. Jadi dengan melakukan donor darah akan membuat zat besi tetap stabil.

2. Membantu menurunkan berat tubuh sekitar 7%, sebab pada saat melakukan donor darah maka tubuh melakukan pembakaran kalori sekitar 650 dengan asumsi pendonoran darah sekitar 450ml. (Yhon Ctgl)