Pemerintah Kecamatan Lumbir  bekerja sama dengan Puskesmas Lumbir berkomitmen mensukseskan Program Pemerintah untuk menghilangkan penularan dan populasi virus campak dan rubella di tahun 2020. Bulan September ini, Puskesmas Lumbir menargetkan seluruh desa di wilayah Kecamatan Lumbir melaksanakan imunisasi Campak dan Rubella.

Berkaitan dengan hal tersebut,  Puskesmas Lumbir  bekerja sama dengan Pemerintah Desa Dermaji di bantu para kader Posyandu melakukan Imunisasi Vaksin MR pada anak usia 9 Bulan hingga dibawah 15 Tahun, pada 13 September 2017 serentak di wilayah Desa Dermaji.

Kegaiatan Imunisasi di laksanakan di tiga Pos MR. Wilayah Dusun 2 di laksanakan di Sanggar Karang Taruna Citunggul dengan petugas Robiyanto dan Rifa Noviati, diwilayah Dusun 1 di laksanakan di Wisma PKK  dengan petugas  Neneng S dan Yuniarti  selanjutnya di Pos 3 dilaksanakan di Posyandu Mekarsari Karanggedang dengan petugas Rosmayani dan Asri Perdana.

“Sebelumnya kami sudah berkoordinasi dengan dinas pendidikan untuk melaksanakan sosialisasi kegiatan ini, dan pada bulan Agustus 2017 telah dilaksanakan di sekolah – sekolah, sedangkan  anak-anak yang tidak sekolah tapi ada dalam usia tersebut dilaksanakan pada 13  September 2017 di posyandu setempat, ” papar Rifa Noviati.

“Kami mengharapkan sekali  untuk  semua pihak dapat bekerja sama dengan baik, sehjngga kampanye  imunisasi ini bisa terlaksanakan dengan baik, karena ini adalah kegiatan berskala nasional yang pertama,” ujar Robiyanto,  petugas Puskesmas Lumbir.

Neneng Supriyati, Bidan Desa Dermaji menjelaskan bahwa Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran nafas yang disebabkan oleh virus. “Anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapat imunisasi Campak dan Rubella, atau yang belum pernah mengalami penyakit ini berisiko tinggi tertular,” jelas Neneng Supriyati.

Sebelumnya Petugas dari Puskesmas Lumbir bersama lintas sektoral dibantu para kader Posyandu  telah melakukan sosialisasi edukasi tentang penyakit campak dan rubella serta adanya Imunisasi MR di sekolah, Pos paud dan langsung kepada orangtua/pengasuh anak melalui kunjungan dari rumah ke rumah. (Yhon)