Para peraih penghargaan Desa Unggulan Pilihan Tempo berfoto bersama

DERMAJI.DESA.ID – Desa Dermaji pada tahun ini kembali mendapatkan penghargaan sebagai Desa Unggulan Pilihan Tempo 2016 untuk kategori Desa Melek Teknologi Informasi (Desa Melek IT).

Penghargaan diterima secara langsung oleh Kepala Desa Dermaji Bayu Setyo Nugroho, Selasa (15/11/2016), di Hotel Bidakara, Jakarta. Penganugerahan penghargaan Desa Unggulan Pilihan Tempo dihadiri oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjoyo, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Deputi VII Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Nyoman Shuida, pejabat dari Kementerian Dalam Negeri, Direktur Operasional Tempo, Thoriq Hadad, H.S. Dillon, perwakilan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten, serta tamu undangan yang lain.

Pada malam penganugerahan tersebut, ada tujuh desa yang mendapat penghargaan sebagai Desa Unggulan Pilihan Tempo 2016 untuk tujuh kategori.

Tujuh desa tersebut yaitu Desa Jabiren, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah yang terpilih sebagai desa unggulan kategori penjaga lingkungan. Desa Blang Krueng, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, terpilih sebagai desa unggulan sadar pendidikan. Desa Dermaji, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menjadi desa unggulan melek teknologi. Desa Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, menjadi desa unggulan dalam pemberdayaan ekonomi. Desa Lalang Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, desa unggulan untuk kategori sadar kesehatan. Desa Kanonang Dua, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara terpilih sebagai unggulan desa hasil pemekaran yang inovatif. Desa Nita, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, menjadi desa unggulan kategori transparansi anggaran.

Redaktur Utama Tempo, Elik Susanto mengatakan, desa-desa tersebut dianggap melakukan banyak terobosan di banyak bidang.

“Kami menilai desa-desa pilihan ini telah melakukan banyak terobosan di banyak bidang. Sebagai komunitas akar rumput mereka bergerak menjadikan negeri ini lebih baik”, ungkap Elik.