Kepala Desa Dermaji saat pemberian penghargaan Destika Desa.Id

DERMAJI.DESA.ID – Desa Dermaji bersama sejumlah desa lain, yakni Desa Kanekes Lebak Banten, Desa Swargabara Kutai Timur Kalimantan, Desa Sepahat Bengkalis Riau, Kampung Nendali Jayapura Papua, dan Kampung Yakonde Jayapura Papua mendapatkan penghargaan Destika Desa.Id 2016 atau dikenal dengan Destika Des.Id Award 2016.

Penghargaan diberikan oleh Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Septriana Tangkary, Rabu (28/9/2016) disaksikan oleh Menteri Desa dan PDTT Eko Putro Sandjoyo, Anggota Komisi II DPR RI sekaligus sebagai Ketua Festival Destika 2016 Budiman Sudjatmiko, Staf Ahli Kementerian Kominfo Bidang Teknologi Woro Indah Widiastusi dan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw.

Pemberian penghargaan dilakukan ditengah-tengah pembukaan acara Festival Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016 (Festival Destika 2016), yang dilaksanakan di Khalkote Sentani Timur Jayapura Papua.

Penghargaan berupa piagam dan satu buah laptop diterima secara langsung oleh Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho.

Penghargaan diberikan kepada Desa Dermaji karena Desa Dermaji dianggap memiliki inisiatif, kreativitas, serta semangat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu Desa Dermaji juga dianggap memiliki komitmen yang besar dalam penggunaan domain desa.id.

Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary mengatakan, festival Destika adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo yang bertujuan untuk mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara positif di desa-desa.

Festival Destika juga menjadi ajang bertemunya berbagai stakeholder pembangunan desa, sehingga jaringan kerja kolaboratif bisa dibangun untuk mempercepat kemandirian desa.

Festival Destika 2016 yang diselenggarakan di Khalkote merupakan kegiatan festival yang keempat. Sebelumnya, Festival Destika dilakukan secara berturut-turut di Desa Melung Banyumas Jawa Tengah, Desa Tanjungsari Majalengka Jawa Barat, dan Desa Langgeng Belitung Timur Sumatera.