Desa penerima sertifikat ODF berfoto bersama Wakil Bupati Banyumas di halaman Pendopo Sipanji

DERMAJI.DESA.ID – Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho, Sabtu (22/11/2016) menerima Sertifikat Open Defecation Free (Sertifikat ODF) dari Bupati Banyumas. Sertifikat diberikan oleh Wakil Bupati Banyumas,  Budhi Setiawan bersamaan dengan upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 yang diselenggarakan di halaman Pendopo Sipanji Purwokerto. Wakil Bupati pada kesempatan itu bertindak sebagai inspektur upacara.

Sertifikat ODF adalah bentuk penghargaan yang diberikan kepada desa yang telah dinyatakan bebas dari buang air besar sembarangan (BABS). Ada beberapa desa di Kabupaten Banyumas yang menerima Sertifikat ODF pada tahun 2016 ini.

Dalam sambutan amanatnya, Wakil Bupati Banyumas menyampaikan sambutan resmi Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada Peringatan HKN ke-52.

Menteri Kesehatan menyampaikan bahwa tema HKN ke-52 yaitu “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat”.

Menteri Kesehatan juga menyampaikan program prioritas pembangunan kesehatan tahun 2015-2019.

“Program prioritas Pembangunan Kesehatan pada periode 2015 – 2019 dilaksanakan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, sekaligus sebagai tindak lanjutnya telah terbit Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.”

“Dalam rangka penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, ditetapkan 12 indikator utama sebagai penanda status kesehatan sebuah keluarga, yaitu (1) Keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB); (2) Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan; (3) Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap; (4) Bayi mendapat Air Susu Ibu (ASI) eksklusif; (5) Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan; (6) Penderita tuberculosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar; (7) Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur; (8) Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan; (9) Anggota keluarga tidak ada yang merokok; (10) Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN); (11) Keluarga mempunyai akses sarana air bersih; dan (12) Keluarga menggunakan jamban sehat.”