DERMAJI.DESA.ID – Desa Dermaji akan membuat inovasi teknologi “Sapaan Mesra” atau Sapaan Memasuki Ruang Museum Naladipa. Melalui inovasi tersebut nantinya, setiap pengunjung yang memasuki museum naladipa akan disambut dengan suara sapaan. Suara ini otomatis akan keluar saat ada pengunjung yang masuk melewati pintu museum.

Demikian disampaikan oleh perwakilan peserta dari Dermaji, Abhyasa saat presentasi pada Pelatihan Pengembangan Teknologi IoT, yang diselenggarakan di Pendopo Penatusan Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas (3-5/9/2019).

Abhy melanjutkan, inovasi sapaan mesra tersebut sebagai inovasi awal. Nantinya akan dikembangkan juga inovasi baru untuk kasus yang berbeda melalui teknologi IoT.

IoT adalah Internet of Things, dimana teknologi Internet dihubungkan/untuk mengendalikan peralatan penunjang kegiatan manusia sehari-hari, sehingga pengoperasian peralatan bisa dilakukan cukup dengan menggunakan telepon genggam.

Pelatihan Pengembangan Teknologi IoT terselenggara atas kerjasama Kementerian Kominfo, Pemerintah Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas dengan Komunitas GDM (Gerakan Desa Membangun).

Pelatihan diikuti 20 peserta dari berbagai desa yang ada di wilayah Kabupaten Banyumas. Pada pelatihan itu para peserta ditantang dan diarahkan untuk mengeksplor ide dan berinovasi guna menciptakan sesuatu yang dapat diaplikasikan di desa masing-masing.

13 Shares