image

DERMAJI.DESA.ID – Bulan Agustus ini akan menjadi bulan penuh kemeriahan di Desa Dermaji. Pasalnya, karena selain ada perayaan hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71, pada bulan itu juga akan digelar sebuah acara besar, yaitu Festival Dermaji 2016.

Festival rencananya akan diselenggarakan selama dua hari yaitu, Sabtu dan Minggu (20 – 21/8/2016). Adapun berbagai kegiatan yang akan dilakukan dalam festival tersebut adalah pembukaan, launching aplikasi rembug desa, launching layanan e-commerce produk desa, pameran produk desa, saresehan, workhsop, pagelaran wayang kulit, festival kambing, festival dongeng, festival tumpeng dan kuliner khas dermaji, dan pentas tari massal.

Festival rencananya akan dibuka oleh Bupati Banyumas dan dihadiri oleh Nyoman Shuida (Deputi VII Kemenko PMK), Septriana Tangkary (Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Kominfo), Budiman Sudjatmiko (Anggota DPR RI), Ahmad Tohari (Budayawan), Sigit Widodo (Ketua PANDI), serta tamu undangan lain dari berbagai unsur.

Panitia festival yang diketuai oleh Wasito hingga saat ini masih melakukan persiapan-persiapan. Tiap sore hari anak-anak hingga orang dewasa nampak melakukan latihan menari di balai desa dan halaman SD Negeri 3 Dermaji. Panitia juga telah menyiapkan lebih dari 30 rumah sebagai “home stay” bagi tamu-tamu yang mau menginap.

Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho mengatakan, tujuan diselenggarakannya festival adalah untuk lebih menumbuhkan kreatifitas masyarakat di berbagai bidang sehingga tujuan-tujuan pembangunan desa bisa tercapai dengan lebih cepat. Selain itu, festival dilakukan juga dalam rangka mendorong Desa Dermaji menjadi Desa Wisata Budaya.

Bayu berharap kegiatan Festival Dermaji bisa diselenggarakan setiap tahun. Bayu melanjutkan, untuk tahun ini tema festival yang dipilih yaitu, “Menemukan Jati Diri untuk Membangun Masa Depan.”