Kepala Desa Dermaji menerima peserta KKN Unsoed Purwokerto

Desa Dermaji pada pertengahan bulan Juli tahun ini (16/07/2013) menjadi salah satu tempat yang dituju oleh para Mahasiswa Unsoed Purwokerto dalam hal Program Kerja Tentatif Kuliah Kerja Nyata Tematik, dengan fokus kegiatan “Pengelolaan Potensi Lahan di Bawah Tegakan Pinus Guna Meningkatkan Kesejahteraan Kelompok Tani Hutan “Wana Aji” Desa Dermaji Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas”. Dengan tujuan utama adalah memberikan pemahaman dan cara dari mengolah lahan sampai dengan pemilihan bibit tanaman yang cocok untuk tumbuh di wilayah desa Dermaji disamping menggali potensi dan juga memberikan hal lain yang mungkin bisa diterapkan di didesa dermaji yang letak geografis/topografinya berbukit.

Terdiri dari 17 orang mahasiswa-mahasiswi yang terbagi menjadi 2 (dua) kelompok. Kelompok 1 berada di rumah Bapak Naris RW 01 Dermaji, Kelompok 2 berada di rumah Bapak Muhrodin Ketua RT 01 RW 07 Karanggedang.

Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho,S.Sos dengan didampingi Perangkat Desa Dermaji megucapakan selamat datang kepada semua peserta Program Kerja Tentatif KKN Tematik Unsoed, karena dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa menjadikan masyarakat desa dermaji lebih mengerti dan memahami potensi yang ada, dan bisa menjadikan ekonomi warga menjadi lebih baik dan semakin dikenal oleh masyarakat luar.

Selain Program Pengelolaan Potensi Lahan di Bawah Tegakan Pinus tersebut diatas, rencananya para peserta KKN juga akan memberikan bimbingan dan penyuluhan dalam hal :

1. Pembuatan pembibitan lada perdu, yang menurut mereka pembibitannya tidak terlalu sulit. Selain menguntungkan juga tidak memerlukan lahan yang luas.
2. Pembuatan pupuk organik, dengan berbahan dasar pupuk kandang (bahan yang cukup mudah didapatkan di wilayah desa).
Pembuatan fermentasi pakan ternak
3. Pegolahan aneka makanan berbahan dasar Talas
Meningkatkan harga jual talas dengan mengolah menjadi :
1. Kripik tales
2. Stick
3. Gethuk tales

Hidayat Harsoyo selaku Kormades mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Desa Dermaji dan akan menjalakan program ini dengan dengan baik. (Yhon Ctgl)