Ruang Pelatihan SID di Wisma Indriaprana Baturraden

Baturaden, (13/09)- Desa Dermaji mengikuti pelatihan aplikasi mitra desa. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas input data kependudukan baik di wilayah pedesaan maupun kelurahan.

Defi Riyani, Perangkat Desa Dermaji, mengikuti sesi pada hari ke 3 (Sabtu/13/9) diawali dengan pelatihan menulis oleh wartawan senior media Indonesia Lilik Dermawan. Dalam pelatihan tersebut peserta dikenalkan cara melakukan simulasi jumpa pers dengan nara sumber dari pegiat Gerakan Desa Membangun,  Agung Budi Satrio (mantan Kades Melung) dan Khodirin (Kadus II Karangnangka). Setelah melakukan simulasi jumpa pers, peserta mencoba untuk menulis berita sebagaimana yang telah nara sumber sampaikan.

Masuk ke acara yang kedua  yaitu pelatihan aplikasi mitra desa. Pelatihan di pandu oleh Muhammad Khayat dari Infest Jogjakarta. Aplikasi Mitra Desa kali ini lebih disempurnakan dari pada aplikasi mitra desa sebelumnya.  Pada pelatihan kali ini, Defi Riyani berlatih bersama dengan rekan lainnya untuk menginput data kependudukan pada demo aplikasi mitra desa. Diharapkan dengan adanya aplikasi mitra desa, data kependudukan dapat di input se- valid mungkin, dan bukan hanya kita sebagai admin saja yang dapat melihat dan mengetahui data kependudukan melainkan warga masyarakat desa juga dapat mengetahui data kependudukan melalui aplikasi ini. (Defi Kr.Duren)

0 Shares