DERMAJI.DESA.ID – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung II di Desa Dermaji Kecamatan Lumbir resmi ditutup pada Kamis (8/8/2019) oleh Dandim 0701/Banyumas, Letkol Inf. Candra, SE., M.I.Pol.

Penutupan dilakukan dalam sebuah upacara, dimana Dandim 0701/Banyumas bertindak sebagai inspektur. Adapun yang bertindak sebagai Komandan Upacara yaitu, Kapten Inf Subandi (Danramil 23/Cilongok) dan Perwira Upacara Kapten Inf Untung Nugraha Adi (Pasi Pers Kodim 0701/Banyumas)

Hadir pada acara tersebut Asisten Administrasi, Nugroho Purwo Adi yang mewakili Bupati, Letkol Chb Harjoko (Dandenhub Rem 071 Purwokerto), Letkol Cpm Khasid, SH (Melalui TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.Dandenpom IV/1 Purwokerto), Letkol Ckm drg. Teguh Triwidodo (Dandenkes Purwokerto), Mayor Ckm Anton M (Ka instal Farmasi) mewakili Karumkit Purwokerto, Kapten Inf Bambang (Dan Kima Yonif 405/SK) mewakili Danyonif 405/SK, Suryadi, SH, MH mewakili Kajari Purwokerto, Abdullah Mahrus, SH., MH (Kajari Banyumas), Agus Untoro, AK (Kepala BNN Kab. Banyumas), Heri Setiyono mewakili Kasatpol PP Kab. Banyumas, Zulfikli (OJK Banyumas), Asror Taufik (Dinas Perhubungan), Forkopimda Kabupaten Banyumas, OPD Kabupaten Banyumas, para Danramil dan Pasi Jajaran Dim 0701/Banyumas, Camat se Kabupaten Banyumas, Kepala Desa Se Kecamatan Lumbir, dan tokoh masyarakat.

Dalam laporannya kepada Dandim, Pasiter (Kapten Infanteri Putut Widodo) menyampaikan bahwa seluruh kegiatan dalam TMMD baik fisik maupun non fisik telah selesai dilaksanakan seratus persen.

Untuk sasaran fisik telah terbangun rabat beton sepanjang 546 meter dengan lebar 3 meter, jembatan 1 unit, talud dengan panjang 130 meter dengan tinggi 2 meter, rumah tidak layak huni 6 unit, jamban 4 unit.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, Pangdam IV Diponegoro mengatakan bahwa TMMD ke -105 tahun 2019 mengambil tema “Melalui TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.”

Makna yang terkandung dari tema tersebut adalah bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat, secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Usai upacara, Dandim 0701/Banyumas beserta jajaran Forkompimda memberikan bantuan kacamata untuk anak SD dari PMI dan menyerahkan hasil kegiatan pelayanan pembuatan akte kelahiran dari Dindukcapil secara simbolis.

Upacara diadakan di Lapangan Kubang Aji Desa Dermaji yang dihadiri oleh lebih dari seribu peserta.

Setelah keseluruhan acara di Lapangan Kubang Aji selesai, Dandim beserta Asisten Administrasi dan rombongan meninjau sekaligus meresmikan lokasi sasaran fisik, yaitu jembatan dan jalan di grumbul Karangjati.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Asisten Administrasi serta penandatanganan prasasti oleh Asisten Administrasi dan Dandim.

Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho mengatakan untuk jembatan yang baru diresmikan dinamakan Jembatan Kalen Dipa, sedangkan untuk jalannya diberi nama Jalan Kusumanegara.

Selanjutnya Bayu juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan TMMD di Desa Dermaji.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Bupati Banyumas, Dandim Banyumas, segenap OPD, lembaga sosial, lembaga perbankan dan lain-lain yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan TMMD di Desa Dermaji”.

“Terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh warga masyarakat Desa Dermaji, segenap panitia dan anggota TNI yang tiap hari bahu membahu bergotong royong melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga seluruh kegiatan bisa diselesaikan sesuai target yang telah ditetapkan san berjalan sukses”.

0 Shares