Rabat beton jalan dermaji – citunggul dibiayai dari dana desa tahun 2017

DERMAJI.DESA.ID – Pemerintah Desa Dermaji di tahun anggaran 2017 ini menerima kucuran dana desa sebesar Rp. 867.755.698,00. Dana desa adalah dana yang diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dana desa adalah salah satu sumber pendapatan desa yang masuk ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa). Pendapatan desa yang lain ada Alokasi Dana Desa (ADD), Bantuan Keuangan kepada Desa, Pendapatan Asli Desa, dan Lain-lain Pendapatan Desa yang Sah.

Pendapatan desa digunakan oleh desa untuk membiayai kegiatan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, serta pemberdayaan masyarakat.

Dana desa diberikan kepada desa dalam dua tahap. Tahap pertama sebesar 60% dari pagu. Tahap kedua sebesar 40% dari pagu. 

Berdasarkan laporan semester pertama yang dibuat oleh Pemerintah Desa Dermaji, dana desa untuk Desa Dermaji telah ditransfer ke rekening kas desa sebesar Rp. 520.653.419,00 pada bulan April 2017.

Penjabat Kepala Desa Dermaji, Maryanto mengatakan, dari total dana desa tahap pertama yang telah ditransfer, sebesar Rp. 316.255.698,00 atau 61% diantaranya telah terserap untuk kegiatan pembangunan infrastruktur.

Maryanto menambahkan di tahun 2017 ini sebagian besar dana desa digunakan untuk pembangunan jalan. Disamping itu kegiatan yang lainnya adalah untuk pembangunan Pos Paud, pembangunan sarana air bersih, dan kegiatan pelatihan.

Maryanto melanjutkan, saat ini tengah dikebut beberapa kegiatan baik yang bersumber anggaran dari dana desa maupun sumber lain dengan harapan agar anggaran cepat terserap dan mencapai target. 

“Mudah-mudahan tidak ada kendala yang berarti, sehingga seluruh kegiatan yang sudah direncanakan dapat diselesaikan sesuai target”, jelas Maryanto.