Sedikit cerita dan pengalaman dari kami sebagai PPL Desa Dermaji.

Untuk Desa Dermaji mengingat geografis yang cukup sulit dengan wilayah yang luas maka dalam Pemilu Legislatif kali ini memiliki 4 Pengawas Pemilu Lapangan (PPL),terbagi menjadi 2 tempat yaitu Kadus I ada 2 orang PPL yakni Wiyono dan Widiyanto dan Kadus II ada 2 orang PPL yaitu Andi Wibowo dan Andi Dwi Atmoko.

Tujuan dari pengawasan kami yaitu mewujudkan Pemilu yang demokratis, memastikan terselenggaranya Pemilu yang LUBER, jujur,adil dan berkualitas dan menegakan integritas penyelenggara. Strategi dan pengawasan yang kami gunakan yaitu dengan cara pencegahan dan penindakan, kata Andi Wibowo PPL Kadus II.

 Seperti halnya PPL, PPS serta tokoh masyarakat sering melakukan sosialisasi tentang peraturan dan mendorong semua pihak untuk berperan aktif mengawasi proses penyelenggaraan pemilu,  melaporkan segala hal jika ada indikasi pelanggaraan  dan hasilnya sampai saat ini masih kondusif,menurut pendapat saya masyarakat Desa Dermaji sudah  berfikir dewasa dan bisa menerima segala perbedaan yang ada di wilayahnya.

Semoga kebersamaan ini tetap bisa di jaga oleh masyarakat Desa Dermaji dalam hal apapun yang bersifat positif. Menurut Eko Sapoetro, Tokoh masyarakat Kadus II Citunggul yang juga aktivis Karang Taruna, siapapun yang menang dalam pemilu kali ini tidak jadi masalah yang penting benar-benar bisa mewakili suara  masyarakat/ suara Rakyat. (Bowo/Yh)