Mahasiswa KKN Unsoed Periode Juli - Agustus 2015

Mahasiswa KKN Unsoed Periode Juli – Agustus 2015

Bagi kami 35 hari Kuliah Kerja Nyata di desa Dermaji, merupakan suatu pengalaman dan juga tantangan yang sangat mengesankan. Hutan pinus yang sejuk akan menyambut siapa saja yang ingin menuju desa Dermaji. Walaupun terletak di bagian paling barat wilayah Kabupaten Banyumas, namun pesona dan keindahan alamnya yang akan memanjakan mata.

Pengalaman luar biasa yang sebelumnya tidak kami dapatkan ditempat kuliah bisa kami dapatkan ketika berada di desa Dermaji selama 35 hari. Tajamnya turunan Karang Jambu RW 3 bagi kami suatu ciri khas dari desa Dermaji. Menakutkan awalnya, tetapi setelah sebulan lebih tinggal disana membuat kami menjadi terbiasa. Selama berproses di Dermaji, kami merasakan keramahan, serta keterbukaan warga desa Dermaji kepada kami selama KKN disana, terlebih bagi siswa SD Dermaji yang sangat antusias menerima keberadaan kami disni. Sebutan “mas/mba KKN” sapaan yang khas dari siswa SD Dermaji jika bertemu atau berpapasan dengan kami dijalan. Hal tersebut membuat rasa bangga dan senang bagi kami.

Tidak hanya itu, di Dermaji juga mempunyai sebuah museum yang bernama Museum Naladipa, didirikan oleh Bayu Setyo Nugroho selaku Kepala Desa Dermaji saat ini. Berdirinya musem tersebut bertujuan agar masyarakat khususnya generasi penerus desa Dermaji bisa mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh nenek moyang terdahulu dengan alat yang masih tradisional. Kami sangat beruntung bisa mengunjungi museum tersebut, karena banyak sekali sesuatu yang menarik disana yang belum tentu semua teman-teman KKN pernah mengalaminya.

Banyak hal yang bisa diceritakan selama kami berada di desa Dermaji, tetapi satu hal yang pasti akan dikatakan oleh semua teman-teman KKN, bahwa kami semua sangat cinta dan bangga pada desa Dermaji, Sebuah Mozaik yang kami buat dengan latar Balai Desa Dermaji yang diisi dengan berbagai foto kegiatan kami selama KKN di Dermaji, semoga dengan ini bisa mengobati rindu kami kepada Desa Dermaji dengan mengabadinkannya dalam sebuah foto “Dermaji in Mozaic”.

Mozaik Kantor Desa Dermaji

Mozaik Kantor Desa Dermaji

Semoga apa yang sudah kami lakukan di Desa Dermaji selama KKN, bisa memberikan manfaat untuk warga Desa Dermaji. Walaupun kami sadar bahwa apa yang sudah kami lakukan di Desa Dermaji masih jauh dari kata sempurna. Tetapi bagi kami, hidup bermasyarakat di Desa Dermaji menjadi sebuah pelajaran yang sangat berharga, keceriaan, canda dan tawa akan selalu kami ingat sampai nanti. Terima kasih Desa Dermaji.

Kami sangat Cinta dan Bangga, Dermaji Hebat…!!

Penulis: Imam Aris (Mahasiswa KKN Unsoed Purwokerto)

0 Shares