Peserta dari Kab. Banyumas (dari kiri Bp. Sarikin, Ibu Tuti, Ibu Sudarti, Harry Haryono

Dermaji, (01/10/12). Untuk menjadikan desa yang maju khususnya dalam bidang pengetahuan umum, pada masa sekarang ini sangat diperlukan sebuah perpustakaan desa. Karena perpustakaan desa bisa menjadi tempat penyimpanan berbagai sumber belajar, juga tempat menyimpan buku yang isinya berbagai penidikan moral yang bisa berguna sebagai pembentukan watak manusia.

Perpustakaan sendiri bisa berfungsi diantaranya sebagai :

  • Khasanah penyimpanan karya manusia
  • Sumber informasi
  • Pusat kegiatan belajar
  • membantu dan memperluas pengetahuan dan bisa dijadikan sebagai tempat penelitian
  • mengembangkan minat membaca
  • membantu masyarakat mengembangkan bakat, minat dan kegemaran
  • tempat mencari informasi
  • tempat rekreasi

Dengan demikian melalui perpustakaan desa diharapkan minat membaca masyarakat dapat dipupuk, dibina dan ditumbuhkembangkan. Untuk menunjang program tersebut, pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan bantuan stimulan untuk perpustakaan desa sejumlah seribu buku dan dua buah rak buku (dana APBN) kepada masing-masing desa terpilih di wilayah provinsi Jawa Tengah.

Diruang Kelas B

Di Banyumas ada 4 desa/kelurahan yang mendapat bantuan tersebut yaitu Desa Dermaji Kecamatan Lumbir, Desa Plana Kecamatan Somagede, Desa Banjaranyar Kecamatan Sokaraja dan Kelurahan Karanglewas Lor Kecamatan Purwokerto Utara.

Agar desa yang mendapat bantuan bisa melayani pemustaka dengan baik, pemerintah terlebih dahulu memberikan bimtek bagaimana mengelola perpustakaan desa dengan baik. Peserta dari Kabupaten Banyumas adalah : Harry Haryono dari Desa Dermaji, Ibu Tutianingsih dari Desa Plana, Ibu Sudarti dari Desa Banjaranyar dan Bapak Sarikin dari Kelurahan Karanglewas Lor.

“Sang Ketua Kelas” diantara 2 peserta dari Banyumas

Lokasi Bimtek di Hotel Sriwijaya Semarang yang diikuti 120 peserta dari masing-masing desa se Provinsi Jawa Tengah dari tanggal 27-29 September 2012. Kami berempat dari Banyumas berangkat malam/dini hari menggunakan Travel Tri Kusuma Purwokerto dan sampai di Hotel Sriwijaya pagi hari.

Kebersamaan “walau” selama tiga hari dirasa sangat “seru” dan penuh semangat dari masing-masing peserta. Rasa kekeluargaan dirasa sangat membekas dan penuh kenangan dengan satu misi : menjadikan Perpustakaan Desa menjadi lebih baik dan maju. Bravooo ………….

Srikandi yang selalu semangat

Khusus dari Kabupaten Banyumas (yang kebetulan 2 pria dan 2 wanita) ternyata juga bisa memberikan nuansa lain di ruang belajar. Kami berempat tergabung di kelas B dengan Ketua Kelas Bapak Sarikin dari Karanglewas Lor (sebagai sang senior … he he he ) yang menjalankan tugasnya dengan “sangat” baik dan penuh tanggung jawab. Acara ditutup di Gedung Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah, dan sepatah kata dari peserta di sampaikan oleh Bapak Sarikin. (Yhon Ctgl)