DERMAJI.DESA.ID – Untuk menyusun rencana kegiatan pembangunan tahun 2018, Badan Permusyawaratan Desa Dermaji melaksanakan Musyawarah Desa Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun 2018. Musdes diadakan di Wisma PKK Desa Dermaji pada Senin (25/09/2017) dimulai pukul 09.10 Wib dan berakhir pukul 13.20 Wib.

Kegiatan ini dihadiri tokoh masyarakat  Desa Dermaji  dan kelembagaan desa meliputi seluruh ketua RT dan RW, LPMD, Poktan, Gapoktan, KPMD, Pengurus PKK, Pengurus Posyandu, tokoh agama, serta Karang Taruna. Selain di hadiri oleh perwakilan lembaga dan para tokoh masyarakat, Musdes juga dihadiri  Camat Lumbir, jajaran Forkompimca Lumbir dan Pendamping Desa.

Mudes RKP Desa adalah media untuk merencanakan pembangunan Tahun 2018 dengan menampung usulan-usulan terkait dengan program Pemerintahan, Pembangunan, Pembinaan dan pemberdayaan. Sesuai petunjuk pelaksanaannya yang disampaikan Camat Lumbir, Drs. Edy Paryono, bahwa usulan tersebut akan ditampung dengan mengambil beberapa usulan prioritas yang akan dibawa pada agenda kegiatan Musrenbang Kecamatan Lumbir.

Maryanto, SH., Pj Kepala Desa Dermaji memaparkan rancangan program kegiatan yang akan menjadi prioritas pada tahun 2018 dan menekankan bahwa apapun jenis kegiatan yang belum ada dalam matrik program Pemerintah Desa untuk dimasukan. Hal ini berkaitan dengan bantuan keuangan kabupaten yang biasanya muncul pada semester kedua tahun berjalan. “Perlu diketahui bahwa kegiatan yang muncul tetapi belum ada dalam RKP Desa tidak bisa dilaksanakan, jadi pada kesempatan inilah kita aktif memasukan semua  jenis kegiatan”, terang Maryanto.

Setelah dilakukan diskusi dan pembahasan terhadap materi RKP Desa, seluruh peserta Musdes memutuskan dan dapat menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi keputusan akhir dari Musdes, yaitu :

  1. Menyetujui Rancangan Program dan Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2018 untuk ditetapkan menjadi Program dan Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2018.
  2. Program dan Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2018 di tuangkan dalam Berita Acara.