Kegiatan rakor BP SPAMS Tirta Aji Mandiri

DERMAJI.DESA.ID – Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BP SPAMS) Tirta Aji Mandiri Desa Dermaji Kecamatan Lumbir, Selasa malam (15/5/2018) melakukan rapat koordinasi. Rakor diadakan di Pendopo Darmokusumo dan dihadiri oleh seluruh pengurus serta Kepala Desa Dermaji.

Rakor dibuka oleh ketua BP SPAMS, Risharyanto. Dalam sambutannya Risharyanto berharap agar pengurus meningkatkan kedisiplinan dalam pengelolaan kegiatan. Kapan melakukan pencatatan meteran, kapan harus menyetorkan iuran, kapan melakukan koordinasi dan sebagainya. Risharyanto menegaskan, kedisiplinan adalah kunci keberhasilan untuk mencapai tujuan kegiatan.

Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho juga menegaskan, pada prinsipnya ada 3 hal yang mesti diperhatikan oleh BP SPAMS dalam rangka penyedian air minum untuk masyarakat. Tiga hal tersebut yaitu pengelolaan, pemeliharaan dan pengembangan.

Bayu menambahkan, BP SPAMS selain harus tertib administrasi, juga harus bisa membuat rencana pengembangan.

“BP SPAMS harus punya program kerja. Harus ada target tahunan, misal tahun ini menargetkan ada tambahan 50 sambungan rumah baru, ada tambahan jaringan perpipaan atau pembangunan bak”, jelas Bayu.

Bayu meyakini dengan terus meningkatkan koordinasi apa yang menjadi harapan bisa terwujud.

Selanjutnya rakor lebih banyak membahas upaya-upaya penguatan kelembagaan dan penanganan berbagai masalah teknis.