Kambing merupakan salah satu jenis ternak yang cukup digemari dan telah menyatu dengan kehidupan masyarakat Dermaji. Hampir sebagian besar masyarakat Dermaji beternak kambing dengan sistem pemeliharaan dan perkembangbiakan yang masih tradisional. Namun meskipun begitu, usaha ternak kambing telah memberikan hasil yang cukup lumayan bagi para peternak. Setidaknya sebagai investasi jangka menengah.

Ada beberapa hal pokok yang harus dipertimbangkan dalam usaha ternak kambing, yaitu, pertama, mengenal jenis serta ciri-ciri kambing untuk bibit dan yang kedua, mengenal bahan pakannya beserta bagaimana cara pemberiannya.

Pemeliharaan ternak kambing sangat mudah karena tidak memerlukan keterampilan khusus, sehingga peternak barupun mampu dengan cepat belajar manajemen pemeliharaan. Usaha ternak kambing di Desa Dermaji tidak memerlukan modal yang besar, karena dapat dilakukan dengan sistem bagi hasil anak.

Kemudian bisa juga dengan cara membeli induk yang harganya tidak terlalu mahal, khususnya jika dibandingkan dengan ternak besar seperti sapi.

Penyediaan sumber pakan ternak juga cukup banyak tersedia, seperti tanaman hijauan (leguminosa, rumput gajah, kaliandra, glirisida/sliridia, indigovera) dan juga limbah pertanian.

Penulis: Andi Wibowo (Peternak Kambing).

11 Shares