image

DERMAJI.DESA.ID – Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy (BBWS Citanduy) akan membangun Cekdam Sungai Dermaji. Kegiatan akan mulai dilaksanakan di bulan Februari ini dengan waktu pengerjaan selama 180 hari kerja. Anggaran untuk pembangunan cekdam mencapai 1,3 milyar rupiah yang bersumber dari APBN.

Demikian informasi yang disampaikan oleh Heru, Kabid Pelaksaan BBWS Citanduy pada acara “Sosialisasi Pembangunan Cekdam Dermaji IV”, yang diselenggarakan di Balai Desa Dermaji, Jum’at (12/2/2016). Sebanyak 80 orang hadir pada acara tersebut yang berasal dari unsur BPD, tokoh masyarakat, unsur Muspika Kecamatan Lumbir, dan masyarakat di sekitar lokasi kegiatan.

Heru menjelaskan bahwa sungai Dermaji merupakan salah satu anak dari sungai Citanduy. Pembangunan cekdam sungai Dermaji mempunyai beberapa tujuan, yakni, pertama untuk memperlambat aliran sedimen lumpur sehingga dapat mengatasi proses pendangkalan sungai Citanduy. Kemudian yang kedua, pembangunan cekdam sekaligus juga bisa bermanfaat bagi masyarakat seperti dapat digunakan untuk mengaliri sawah dan kolam yang ada di sekitar lokasi.

Heru juga mengharapkan agar masyarakat Desa Dermaji ikut melakukan pengawasan, sehingga kegiatan pembangunan cekdam bisa sesuai dengan rencana.