image

Sosialisasi Pembangunan Cekdam

Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy (BBWS Citanduy) dalam waktu dekat akan membangun cekdam di Sungai Dermaji. Hal itu disampaikan oleh Supendi, salah satu pejabat BBWS Citanduy dalam acara “Sosialisasi Pembangunan Cekdam Sungai Dermaji”, yang dilaksanakan di Balai Desa Dermaji pada Jumat sore (22/2/2013). Hadir dalam acara sosialisasi tersebut para pemilik tanah di sekitar lokasi rencana pembangunan cekdam, unsur BPD, tokoh masyarakat, Kepala Desa Dermaji dan Camat Lumbir.

Rencananya cekdam akan di bangun di Sungai Dermaji di wilayah Grumbul Jemblongan. Supendi mengatakan pembangunan cekdam di Sungai Dermaji memiliki fungsi utama pengendalian sedimen lumpur agar jangan sampai ke daerah rendah. Dalam hal ini untuk mengurangi pendangkalan Sungai Citanduy sehingga dapat meminimalisir terjadinya banjir di sepanjang Daerah Aliran Sungai Citanduy.

Dalam acara sosialisasi tersebut para peserta menyatakan persetujuannya dengan catatan pembangunan cekdam harus memiliki manfaat langsung bagi masyarakat. Ada tiga usulan yang diajukan para peserta sosialisasi, yaitu pertama, cekdam agar bisa dimanfaatkan untuk pengairan sawah maupun kolam, sehingga perlu dibangun saluran irigasi. Kedua, agar di atas cekdam bisa dibangun jembatan yang digunakan warga sebagai jalan menuju sawah atau kebun. Dan ketiga, pembangunan talud di atas dan dibawah cekdam untuk mengurangi terjadinya erosi.

Dari ketiga usulan tersebut, pihak BBWS Citanduy bisa menyetujui dan selanjutnya akan ditindaklanjuti dalam penyusunan rencana teknis bangunan. Supendi menambahkan bahwa dana untuk pembangunan cekdam Sungai Dermaji berasal dari APBN dengan plafon anggaran sebesar Rp. 947.960.000,-. Selanjutnya Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho juga menegaskan bahwa agar masyarakat tidak dirugikan, dalam perencanaan teknis masyarakat harus dilibatkan secara aktif. Hal ini juga menjadi wujud dari penerapan bottom up planning, jelas Bayu.

0 Shares