Dermaji.desa.id. Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) Rahayu Desa Dermaji mendapat kunjungan monitoring dari Itjen Kemenkes Jakarta, Sabtu, 23 September 2017.Audit dimaksud adalah untuk memotret kegiatan Posbindu yang baru di canangkan pada medio Juli 2017. Kegiatan monitoring di fokuskan pada deteksi dini faktor resiko PTM terintegrasi (Penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, penyakit paru obstruktif akut dan kanker) serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

Iwan Hermawan, SKM, M.Kes dari Itjen Kemnkes mengatakan bahwa “kegiatan Posbindu PTM pada dasarnya merupakan kegiatan milik masyarakat yang dilaksanakan sepenuhnya dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat”. “Sektor kesehatan khususnya Puskesmas lebih berperan dalam hal pembinaan Posbindu PTM dan menerima pelayanan rujukan dari Posbindu PTM di wilayah kerjanya” lanjut Iwan.

Jasun, Kasie PTM Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas menerangkan bahwa Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM.

Kegiatan berlangsung cukup hangat dengan berbagai pertanyaan yang di ajukan oleh para kader Posbindu Rahayu. Para Kader berharap, dengan Posbindu semua pihak terkait bisa  memberikan penyuluhan dan upaya agar tidak sampai menjadi masyarakat yang beresiko terkena penyakit PTM. Karena bagi masyarakat beresiko, Posbindu PTM bertujuan untuk mengenali faktor resiko PTM yang ada dan upaya mengurangi jumlah maupun intensitas faktor resiko tersebut agar tidak menjadi penyakit PTM.

“Untuk masyarakat dengan penyakit PTM, Posbindu PTM bertujuan untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu PTM ke Puskesmas,” jelas Siti Kusmiyatun, Petugas Surveilan Puskesmas Lumbir.