DERMAJI.DESA.ID – Sebanyak 25 anggota kelompok tani Wana Mukti Desa Dermaji Kecamatan Lumbir, Kamis (13/9/2018) mengikuti acara pelatihan budidaya tanaman lada. Pelatihan dilaksanakan di Balai Pertemuan RW 3 Desa Dermaji. Penyelenggaranya dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas.

Pada pelatihan tersebut, peserta diberikan beberapa materi terkait budidaya tanaman lada dan penanganan pasca panen. Bertindak selaku narasumber yaitu praktisi dan pejabat dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Pelatihan bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan yang lebih baik kepada petani dalam budidaya tanaman lada.

Salah satu pengurus kelompok tani Wana Mukti, Bambang Karyono, menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dinas Pertanian yang telah memfasilitasi kegiatan pelatihan.

Bambang mengaku banyak hal baru yang didapatkan dari kegiatan pelatihan. Sehingga dengan ilmu baru tadi, petani diharapkan bisa lebih optimal dalam membudidayakan tanaman lada.

Bambang melanjutkan, tanaman lada memang banyak dibudidayakan petani di Desa Dermaji. Biasanya mereka menanamnya di sela-sela pohon albasia. Namun ada juga yang di hutan, di sela-sela pohon pinus.

Lada yang ditanam ada yang merambat namun ada juga jenis lada perdu.