image

Musrenbang Kecamatan Lumbir

Enam orang delegasi Desa Dermaji, Kamis (7/3/2013) mengikuti acara Musyawarah Pembangunan Kecamatan (Musrenbang Kecamatan).  Keenam orang tersebut adalah Kepala Desa Dermaji, Wasito (Ketua LPMD), Karmo (Tokoh Masyarakat), Rasto (BPD), Nursetiati dan Katirah (Tokoh Perempuan). Musrenbang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Lumbir. Hadir dalam acara tersebut delegasi desa-desa serta Kepala Dinas Instansi sewilayah Kecamatan Lumbir, perwakilan BAPPEDA Kabupaten Banyumas, dan Anggota DPRD Kabupaten Banyumas.

Musrenbang Kecamatan Tahun 2013 merupakan forum bertemunya para pemangku kepentingan (stakeholder) di wilayah Kecamatan Lumbir untuk menentukan skala prioritas pembangunan tahun yang akan datang (2014). Usulan yang dibahas dan ditetapkan sebagai prioritas adalah usulan-usulan yang berasal dari desa serta dinas instansi di wilayah Kecamatan Lumbir.

Musrenbang juga menyepakati Bayu Setyo Nugroho (Kepala Desa Dermaji) dan Romini (Tokoh Perempuan) untuk menjadi delegasi Kecamatan Lumbir mengikuti Musrenbang Kabupaten.

Selain acara musrenbang, pada kesempatan itu dilaksanakan juga Musyawarah Antar Desa Penetapan, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (MAD Penetapan PNPM-MD). Pada MAD tersebut ditetapkan alokasi anggaran untuk masing-masing desa sesuai dengan usulan yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk Desa Dermaji, pada tahun 2013 ini ada dua kegiatan fisik yang didanai dari PNPM. Dua kegiatan tersebut adalah Peningkatan Jalan Grumbul Pangkalan yang mendapat alokasi dana sebesar Rp. 212.000.000,- dan Pembangunan Gedung TK Pertiwi Dermaji 1 yang mendapat alokasi anggaran Rp. 95.000.000,-