CTPS

Wiji Setya Utami dan Herlina Puji Prasetya, keduanya adalah Kader Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (Kader PHBS), Sabtu (15/10) mengunjungi beberapa sekolah yang ada di Desa Dermaji, baik Pos Paud, TK dan SD untuk melakukan penyuluhan sekaligus praktik mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih.

Kegiatan yang digerakkan oleh Kader PHBS tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (Hari CTPS) yang jatuh setiap tanggal 15 Oktober.

Herlina mengatakan, momentum peringatan hari CTPS bisa dimanfaatkan untuk mendorong perilaku hidup bersih dan sehat, terutama bagi anak-anak.

“Ini dapat menjadi cara yang efektif bagi kita untuk menanamkan nilai-nilai pentingnya menjaga kesehatan serta perilaku hidup bersih dan sehat”, jelas Herlina.

Kegiatan cuci tangan pakai sabun dalam rangka memperingati hari CTPS dilakukan secara serentak di Pos Paud Rahayu, TK Pertiwi Dermaji 1, serta SD Negeri 1 dan 3 Dermaji.

Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Peran serta masyarakat khususnya orang tua siswa sangat diperlukan agar anak terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat,” kata Bayu.