DERMAJI.DESA.ID – Tanggal 1 Mei menjadi hari yang cukup bersejarah buat desa-desa di Indonesia. Pasalnya, di tanggal itu, tepatnya di tahun 2013, domain desa.id secara resmi diluncurkan oleh Pengelola Nama Domain Indonesia (Pandi) di Jakarta. Dengan demikian, sejak saat itu desa telah memiliki identitas sendiri di dunia maya, dunia internet. 

Domain desa.id sebelum diresmikan melewati proses perjalanan yang panjang. Ide untuk mengusulkan domain khusus desa mencuat pertama kali saat juguran blogger yang dilakukan di Desa Kedungbanteng, Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas pada tahun 2012. Pada saat itu, juguran selain dihadiri oleh blogger-blogger se-Indonesia, hadir juga beberapa Kepala Desa, Perangkat Desa, serta pegiat desa.

Ide tersebut kemudian terus dibahas pada berbagai pertemuan informal, maupun pada acara lokakarya desa membangun yang diadakan di Kabupaten Banyumas. Selain di Banyumas, pembahasan juga sempat dilakukan di Yogyakarta untuk mematangkan usulan desa.id.

Dari diskusi-diskusi tersebut, masih di tahun 2012, dibuatlah proposal resmi usulan domain desa.id atas nama Gerakan Desa Membangun (GDM). Proposal ditandantangani oleh tiga Kepala Desa yaitu Bayu Setyo Nugroho (Kepala Desa Dermaji), Agung Budi Satrio (Kepala Desa Melung), Achmad Munawar (Kepala Desa Pancasan). Proposal kemudian disampaikan ke Pandi dan secara intensif dibahas dalam millis yang dibuat oleh Pandi sebelum disampaikan pada Diskusi Umum Terbuka (DUT) yang diselenggarakan oleh Pandi.

Pada tanggal 12 Februari 2013 acara DUT digelar di Kampus UI Depok. Empat delegasi GDM, yakni Bayu Setyo Nugroho (Kades Dermaji), Achmad Munawar (Kades Pancasan), Pradna Paramita (Blogger Banyumas), dan Tomy Destriyanto (relawan TIK) ditunjuk untuk hadir pada acara tersebut. Bayu Setyo Nugroho mempresentasikan usulan desa.id tersebut. Kemudian secara aklamasi peserta menyetujui domain desa.id sebagai identitas desa di dunia maya. Dan pada tanggal 1 Mei 2013, domain desa.id resmi diluncurkan. 

Hari ini, tepat 4 tahun desa.id diluncurkan. Domain desa.id bukan hanya sekedar nama. Tapi pada nama itu tersimpan semangat kemandirian, ada visi untuk maju, ada keuletan dan kesabaran dalam memperjuangkan tujuan, serta semangat kebersamaan dan kegotongroyongan. Memasuki usia ke-4 tahun ini, sudah selayaknya semangat itu terus dihadirkan untuk mewujudkan desa yang maju dan bermartabat. Selamat 4 tahun desa.id. Salam desa membangun…!!

Penulis: Bayu Setyo Nugroho, salah satu pengusul domain desa.id