Rombongan ziarah dari Desa Dermaji saat berada di Makam Sunan Gunungjati Cirebon

Rombongan ziarah dari Desa Dermaji saat berada di Makam Sunan Gunungjati Cirebon

Bulan Rabi’ul Awal atau yang sering dikenal sebagai bulan Maulid menjadi salah satu bulan yang istimewa bagi Kaum Muslimin. Dikatakan istimewa karena pada bulan itu lahir sosok manusia istimewa yang membawa jalan keselamatan, yaitu Nabi Muhammad SAW.

Untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad tersebut, kaum muslimin di berbagai wilayah nusantara biasanya menggelar berbagai acara. Ada pembacaan Barzanji, pengajian dan sebagainya.

Demikian pula yang dilakukan oleh Ta’mir Masjid Baitul Mutaqin Grumbul Sirongge Desa Dermaji. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini, selain mengadakan acara rutin Barzanjian, Ta’mir Masjid Baitul Mutaqin juga menyelenggarakan acara ziarah ke makam para wali dan beberapa ulama. Ziarah dilakukan mulai tanggal 28 hingga 31 Desember 2014.

Ketua Ta’mir Masjid Baitul Mutaqin, Ali Muhrodin mengatakan, ziarah ke makam wali sanga dan para ulama dilakukan dengan tujuan agar jama’ah bisa selalu mengingat perjuangan para wali dan ulama dalammenyebarkan Islam di Indonesia, bisa mencontoh akhlak para wali dan ulama serta pada akhirnya bisa memperkuat keimanan kepada Alloh SWT.

Ziarah ke makam para wali dan ulama diikuti oleh 64 orang kaum muslimin Desa Dermaji yang sebagian besar adalah jama’ah Masjid Baitul Mutaqin Sirongge. Sedang sebagian kecil lainnya adalah jama’ah darimasjid atau mushola dari wilayah Grumbul Citunggul. Ikut dalam rombongan ziarah, Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho dan Ketua BPD Dermaji, Slamet.

Selama waktu 4 hari 3 malam, ada 18 makam yang sempat dikunjungi untuk ziarah. Tempat-tempat itu adalah Makam Sunan Gunung Jati Cirebon, Makam Syekh Dzatul Kahfi Cirebon, Makam Habib Ahmad Bin Abdullah Al Atas Pekalongan, Makam Raden Fattah Demak, Makam Sunan Kalijaga Demak, Makam Sunan Kudus, Makam Sunan Muria Kudus, Makam Sayid Abdurahman Lasem, Makam Sunan Bonang Tuban, Makam Syekh Maulana Ibrohim Samarkandi Tuban, Makam Sunan Drajad Tuban, Makam Sunan Giri Gresik, Makam Maulana Malik Ibrahim Gresik, Makam Sunan Ampel Surabaya, Makam Mbah Kholil Bangkalan Madura, Makam Abdurahman Wahid (Gus Dur) Jombang, Makam Kyai Dalhar Gunungpring Magelang, dan Makam Kyai Chudlori Tegalrejo Magelang.

0 Shares