image

Pemerintah Desa Dermaji, Kamis (17/1/2013), menyelenggarakan kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan desa atau lebih dikenal dengan istilah musrenbangdes.  Kegiatan musrenbangdes dilaksanakan di Balai Desa Dermaji.Musrenbangdes menjadi wahana bertemunya berbagai pemangku kepentingan (stakeholder) pembangunan desa untuk membicarakan prioritas kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran berikutnya.  Hasil dari musrenbangdes adalah Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPD) yang dikukuhkan dengan Peraturan Kepala Desa.

Pada musrenbangdes tahun 2013 ini telah ditetapkan prioritas kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2014. Secara umum ada 3 bidang kegiatan utama yang menjadi prioritas, yaitu bidang prasarana pengembangan wilayah, bidang ekonomi serta bidang pemerintahan dan kesejahteraan sosial.

Di bidang prasarana pengembangan wilayah yang menjadi prioritas yaitu peningkatan jalan Dermaji-Tayem, peningkatan jalan Karanggedang-Ciuyah, peningkatan jalan alternatif Dermaji-Paningkaban (Jalan Karangjati), pembangunan talud dan peningkatan jalan Dermaji-Citunggul, peningkatan jalan Dermaji-Sirongge, peningkatan jalan lingkar ciposing, pembangunan talud SD Negeri 2 Dermaji, pembangunan prasarana air bersih wilayah Dusun 2, pembangunan sarana dan prasarana irigasi.

Di bidang ekonomi terdapat beberapa prioritas, yaitu pengembangan pasar desa, pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), pengembangan budidaya ternak sapi dan kambing, pengembangan perikanan rakyat, program peningkatan ketahanan pangan, penguatan usaha ekonomi kecil dan menengah.

Sedangkan di bidang pemerintahan dan kesejahteraan sosial, prioritas diarahkan pada pengembangan balai belajar bersama, pembangunan gedung perpustakaan SD Negeri 3 Dermaji, pembangunan kantor desa (ruang lembaga kemasyarakatan desa), pengembangan sarana prasarana Pos Paud dan Taman Kanak-kanak, peningkatan sarana prasarana olah raga dan pembangunan rumah tidak layak huni.

Acara musrenbangdes diikuti oleh lebih dari 150 orang yang mewakili berbagai elemen masyarakat. Ada anggota BPD, pengurus lembaga kemasyarakatan desa, Ketua RT dan RW, tokoh perempuan, kelompok tani, Pengurus PKK, kader Posyandu dan Pos Paud, anggota Linmas, tokoh pemuda, tokoh agama, pengurus karang taruna, dan sebagainya. Selain elemen masyarakat Dermaji hadir pula jajaran Muspika Kecamatan Lumbir. Acara musrenbangdes dimulai tepat pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 13.00 WIB. Bertindak sebagai pimpinan rapat yaitu Wasito, S.Pd yang juga merupakan Ketua LPMD.

Selain menyepakati rencana kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan di tahun 2014, dalam musrenbangdes tersebut juga disepakati Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Dermaji Tahun Anggaran 2013. Dalam tahun anggaran 2013, Pemerintah Desa Dermaji menargetkan pendapatan desa sebesar Rp. 191.781.210,00. Pendapatan Desa tersebut berasal dari dua sumber utama yaitu, Pendapatan Asli Desa (PAD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Target pendapatan dari PAD sebesar Rp. 86.114.000,00 dan dari ADD sebesar Rp. 105.667.210,00.