image

Sebagai wujud kepedulian sosial terhadap sesama, beberapa orang Buruh Migran Indonesia (BMI) asal Desa Dermaji, sejak awal tahun 2016 ini, membentuk Gerak Sosial Dermaji Peduli (GSDP). Inisiatornya antara lain Sudihartono dan Sutiyah, BMI yang sekarang masih berada di Taiwan.

Menurut Sudihartono, tujuan dari GSDP adalah ikut membantu warga Dermaji yang kurang mampu. Semangatnya, peduli dan berbagi.

BMI asal Desa Dermaji jumlahnya lebih dari 50 orang yang keberadaannya tersebar di berbagai negara seperti Korea, Hongkong, dan Taiwan. Untuk konsolidasi dan komunikasi dilakukan melalui media sosial.

Sudihartono mengatakan sampai dengan bulan Maret sudah ada puluhan warga yang dibantu. Salah satunya adalah Kusyanto (61), warga RT 05 RW 4 Grumbul Sirongge Desa Dermaji. Sudah beberapa bulan Kusyanto tidak dapat beraktifitas karena menderita sakit ginjal.

“Mudah-mudahan meski bantuan dari GSDP kecil, tapi tetap bisa bermanfaat”, jelas Sudihartono.

BMI asal Desa Dermaji memang selama ini dikenal cukup aktif dan peduli dalam ikut mendukung kemajuan dan pembangunan desa. Mereka sering membantu saat terjadi bencana atau pun saat sedang ada kegiatan pembangunan di desa (Haryono KPMD).